Literasi informasi: Respon terhadap kemajuan teknologi lnformasi dan strategi baru pembelajaran di era lnformasi

lrvan Muliyadi

Abstract


Literasi informasi adalah kemampuan seseorang untuk mengartikulasikan kebutuhan informasinya, mengidentifikasi, menemukan, dan mengevaluasi sumber-sumber informasi yang ditemukan serta kemampuan untuk menggunakan informasi tersebut. Kemajuan teknologi informasi dan prinsip pembelajaran seumur hidup adalah dua alasan pentingnya literasi informasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan informasi melimpah ruah dan dapat dikomunikasikan dengan waktu yang relative singkat tanpa mengenal batas-batas ruang ataupun geografis. Dengan prinsip pembelajaran seumur hidup, seseorang dituntut untuk bisa belajar secara mandiri melalui sumber-sumber informasi yang telah tersedia dari berbagai media. Untuk menyukseskan program literasi informasi khusunya di lembaga pendidikan diperlukan kerja sama antara staf pengajar dan pustakawan. Perubahan system pengajaran yang menyediakan paket informasi harus dirubah ke system pengajaran yang mengarahkan peserta didik untuk mengexplorasi sendiri sumber-sumber informasi dari berbagai media. Pustakawan memiliki tanggung jawab untuk mengenali dan menyediakan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam proses pembelarannya sekaligus mengajarkan literasi informasi. Untuk itu pustakawan memiliki tantangan berupa penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan kemampuan untuk mendisain, mengimplementasikan dan mengevaluasi program pengajaran literasi informasi.

Kata Kunci: Literasi informasi, teknologi informasi, era informasi, strategi Pembelajaran, Pustakawan


Keywords


Literasi informasi; teknologi informasi; era informasi; strategi Pembelajaran; Pustakawan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v10i1.1604 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Â