Kebijakan dan penerapan censorship di perpustakaan sekolah Islam: studi kasus di Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani

Fahma Rianti, Syifa Duhita Dewakanya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan serta penerapan censorship yang dilakukan serta kendala-kendala pustakawan dalam melakukan censorship pada Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 3 (tiga) informan, observasi, dokumentasi serta kajian pustaka.Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan tentang censorship sudah ada, namun belum tertulis di Perpustakaan TK dan SD Insan Cendekia Madani.Penerapan censorship dilakukan didasari oleh adanya keluhan dan masukan dari orang tua mengenai koleksi buku perpustakaan. Perpustakaan melakukan penyensoran terhadap beberapa buku yang mengandung konten percintaan, sihir, mitos, pahlawan super, cerita rakyat, legenda, komik Jepang (manga) serta konten yang mengandung agama lain selain agama Islam berupa perayaan dan simbol-simbol. Proses censorship pada Perpustakaan TK dan SDInsan Cendekia Madani dilakukan sejak pembelian buku, ketika mendapatkan keluhan ataupun masukan dari orang tua, serta screning ulang pada koleksi yang sudah ada.Sedangkan, kendala yang dihadapi perpustakaan, yakni belum adanya kebijakan tertulis mengenai kebijakan censorship di perpustakaan serta pustakawan kesulitan dalam melakukan pembelian buku karena subjek yang digunakan lebih dipersempit.


Keywords


Censorship; sensor; penyensoran buku; Perpustakaan Sekolah Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: