Identifikasi Lapisan Batuan Di Daerah Bojongsari, Depok Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas

Bagus Septyanto, Muhammad Nafian, Nunung Isnaini Dwiningsih

Abstract


Telah dilakukan penelitian berupa identifikasi lapisan batuan dengan menggunakan konfigurasi schlumberger dan konfigurasi dipole-dipole. Setiap konfigurasi terdiri atas tiga lintasan. Hasil yang didapat dari software progress pada lintasan pertama, kedalaman yang didapat hanya 2,1 m dengan jenis batuan yang didominasi oleh tanah lanau dan batuan lapuk. Pada lintasan kedua, kedalaman yang didapat sebesar 9,2 m dengan dominasi air tanah pada kedalaman 3,6 m sampai 12,5 m. Untuk lintasan ketiga, kedalaman yang didapat sebesar 18,5 m dengan dominasi air tanah pada kedalaman 2,7 m sampai 6,2 m. Hasil yang didapat dari software RES2DINV pada setiap lintasan rata-rata terdiri dari 5 sampai 6 lapisan yang didominasi oleh tanah lanau yang mengandung pasir yang memiliki nilai resistivitas berkisar 15 Ωm – 150 Ωm, tanah lempung basah lembek yang memiliki nilai resistivitas berkisar 1,5 Ωm – 3,0 Ωm, batuan dasar terisi tanah kering yang memiliki nilai resistivitas 316.84 Ωm – 449.10 Ωm, tanah lanau basah lembek yang memiliki nilai resistivitas 3 Ωm – 15 Ωm dan batuan berkekar yang memiliki nilai resistivitas 150 Ωm – 300 Ωm.

Keywords


Resistivitas; Schlumberger; Dipole-Dipole

Full Text:

PDF

References


Pranata, J. 2015. Identifikasi Keberadaan Akuifer dengan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger di Buperta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muthia, S. 2016. Identifikasi air tanah di area buperta cibubur dengan menggunakan metode geolistrik resistivitas. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akbar, K. 2016. Analisis penyebaran akuifer di daerah Buperta Cibubur menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas dengan Pencitraan 3D. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Santoso, Agus. et al. 2015. Buku Panduan Praktikum Geolistrik. Yogyakarta UPN Veteran Yogyakarta

Santoso, Djoko. Pengantar Teknik Geofisika. Bandung: Penerbit ITB.

Khotiah, S. 2015. Interpretasi Data Geoistrik Sounding untuk Mengetahui Lapisan Batubara di Daerah Muarakaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/fiziya.v1i2.9503 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a CC-BY-SAÂ