ANALISIS DATA INDUCED POLARIZATION DALAM MENDUGA ZONA MINERALISASI LOGAM DAERAH GODEAN, KABUPATEN SLEMAN DIY

Chandra Agus Rivananta, Refita Khumayroh

Abstract


Keberadaan logam tersebar di dalam batuan dan biasa terikat dengan mineral bijih dan unsur kimia lainnya. Keberadaan mineral itu sendiri berhubungan dengan naiknya larutan hidrotermal dipermukaan melalui celah-celah batuan kemudian terendapkan. Pengendapan mineral yang terjadi di celah/rekahan/rongga batuan menyebabkan keberadaan mineral logam tersebar dan tidak terkonsentrasi di satu titik. Metode geofisika yang mampu memberi gambaran bawah permukaan mengenai keberadaan mineral logam di dalam batuan yaitu Metode Induksi Polarisasi (IP) kawasan waktu dengan menggunakan konfigurasi dipole-dipole. Metode IP mengamati polarisasi yang terjadi pada batuan yang mengandung mineral logam ketika batuan di aliri arus listrik. Hasil pengolahan data IP berupa penampang 2D dengan parameter yang terukur yaitu nilai chargeabilitas dan nilai resistivitas merupakan parameter untuk menentukan keberadaan zona mineralisasi logam. High chargeabilitas yang didukung dengan low resistivitas mengindikasikan adanya zona mineralisasi logam di daerah tersebut. Pada daerah penelitian, pada lintasan 1 nilai resistivitas yang terukur yaitu 9,84 Ωm – 1803 Ωm (Penampang pertama) dan nilai chargeabilitas yang terukur adalah 0  ms – 140 ms (Penampang kedua). Pada lintasan 2 nilai resistivitas yang terukur yaitu 12,5 Ωm – 743 Ωm (Penampang pertama) dan nilai chargeabilitas yang terukur adalah 0,0013 ms – 52,3 ms (Penampang kedua). Daerah penelitian terdapat zona mineralisasi pirit dominan dengan kadar sulfida Cu-Pb-Zn sangat rendah

Keywords


Godean, Mineralisasi, Pirit, Polarisasi Terimbas

Full Text:

PDF

References


Sukandarrumidi, Geologi Mineral Logam, Yogyakarta: UGM Press, 2007.

T. Arizona, Pemetaan Zona Mineralisasi Emas Blok "Aput" Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi Menggunakan Metode IP Frekuensi Domain Konfigurasi Dipole-dipole, Yogyakarta: Tidak dipublikasikan, 2012.

Yatini, D. Santoso, A. Laesanpura and B. Sulistijo, "Studi Pemodelan Respon Polarisasi Terinduksi dalam Kawasan Waktu (TDIP) Terhadap Mineral Logam, Sebuah Hasil Awal," Indonesian Journal of Applied Physics, vol. 4, no. 2, pp. 162-170, 31 Oktober 2014.

W. J. Scott and G. F. West, "Induced Polarization of Synthetic, High-Resistivity Rock Containing Disseminated Sulfides," Geophysics, vol. 34, no. 1, pp. 87-100, 1969.

H. Buna, R. Effendi and Sandra, "Studi Zona Mineralisasi Logam Menggunakan Metode Induksi Polarisasi (Ip) Di Desa Bale Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala," Gravitasi, vol. 14, no. 2, 2015.

W. M. Telford, Applied Geophysics, 2nd ed., Melbourne: Cambridge University Press, 1990.

Anonim, "Eksplorasi Geofisika : Metode Geolistrik," Januari 2016. [Online]. Available: http://www.tukangbatu.com/2016/01/eksplorasi-geofisika-metode-geolistrik.html. [Accessed 1 November 2019].




DOI: https://doi.org/10.15408/fiziya.v3i2.18159 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a CC-BY-SAÂ