Prediksi Waktu Berakhirnya Gempabumi Susulan dengan Metode Omori, Mogi I, Mogi Ii, dan Utsu untuk Kejadian Gempabumi di Lebak, Banten: Tanggal 07 Juli 2018 – 17 Juli 2018

Nanda Ridki Permana

Abstract


Gempa bumi susulan (aftershocks) merupakan  gempa yang terjadi setelah gempa bumi utama (mainshock) dengan magnitudo yang lebih kecil yang terjadi pada wilayah yang sama. Telah dilakukan penelitian tentang analisis prakiraan waktu berakhirnya gempa bumi susulan di Lebak, Banten pada tanggal 07 Juli 2018 – 17 Juli 2018 . Metode yang digunakan adalah metode Omori, Mogi I, Mogi II dan Utsu, dimana nilai-nilai konstanta dari persamaan tersebut ditentukan dengan metode Least Square. Data yang diolah merupakan data gempa bumi susulan yang tercatat dari BBMKG Wilayah II Ciputat,Tangerang Selatan. Pada penelitian ini digunakan kasus gempa yaitu gempa Lebak pada tanggal 07 Juli 2018 – 17 Juli 2018. Waktu berakhirnya gempa bumi susulan untuk gempa bumi Lebak yaitu pada hari ke-11. Hasil analisis menunjukkan bahwa gempa bumi di Lebak mempunyai tipe gempa yaitu adanya gempa bumi pendahuluan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa metode yang sesuai untuk memperkirakan waktu berakhirnya gempa bumi susulan di Lebak adalah metode Utsu. Hasil prakiraan untuk Metode Utsu lebih mendekati data aktual daripada metode lainnya. Semakin mendekati waktu (t) berakhirnya gempa bumi susulan maka akan semakin menurun frekuensi gempa n(t) susulan nya.


Keywords


Aftershocks, Omori, Mogi I, Mogi II, Utsu

Full Text:

PDF

References


Karya Pemuda. 2019. Pengertian Gempa Bumi di https://karyapemuda.com/pengertian-gempa-bumi/ (Diakses 07 Februari 2019).

Wikipedia. 2019. Gempa Bumi. [Internet]. Tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi

Wikipedia. 2018. Gempa Susulan. [Internet]. Tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_susulan

Sugianto, Dedi dkk. 2017. Potensi Rendaman Tsunami Di Wilayah Lebak Banten.

Rahmad Efendi. 2011. Analisis Waktu Berakhirnya Gempa Bumi Susulan Dengan Metode Mogi (Studi Kasus: Gempa Bumi Pagai Selatan 25 Oktober 2010 Dan Pariaman 30 September 2009). Skripsi. Jakarta: UIN Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/fiziya.v2i2.11602 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a CC-BY-SAÂ