Penyusunan Strategi Digital dengan Pendekatan Ward dan Peppard serta Architecture Delivery Pada TOGAF versi 9 pada BMT KAS

Bayu Waspodo, Asep Fajar Firmansyah, Tuti Apriyanti

Abstract


BMT KAS (Komunitas Amal Sholeh) merupakan lembaga keuangan mikro syariah dimana dalam kegiatannya BMT KAS sudah hampir seluruhnya menggunakan sistem digital akan tetapi infrastruktur digital belum sepenuhnya memadai sehingga menyebabkan Informasi belum terintegrasi dengan baik, data bersifat tersebar, sering terjadi kerangkapan data dan proses pencarian membutuhkan waktu yang lama sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja bisnis BMT KAS. Seharusnya BMT KAS mampu menciptakan inovasi terhadap perencanaan sistem digital secara berkelanjutan agar mampu mencapai tujuan dan sasaran bisnisnya yang juga memperhatikan peningkatan SDM. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Peppard dan Ward dilengkapi oleh Architecture Delivery TOGAF versi 9. Tools yang digunakan pada Peppard dan Ward yaitu Value Chain, SWOT, CSF (Critical Success Factors), Porter’s Five Competitive, PEST, dan portfolio McFarlan’s Strategic Grid. Sedangkan tools yang digunakan pada Architecture Delivery yaitu Archimate, Platform Teknologi dan Technology Portofolio Catalog. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa Strategi SI, Strategi TI dan Strategi Manajamen SI.

Keywords


Strategi digital; pendekatan Peppard dan Ward; TOGAF versi 9; BMT Komunitas Amal Soleh.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v1i1.8674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.