Sistem Informasi Disposisi Surat Berbasis Android

Diajeng Rahmawati, Nia Kumaladewi, Yuni Sugiarti

Abstract


Sesuai dengan peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan instansi pemerintah, pemerintah menghimbau pada semua instansi pemerintah untuk menyusun tata naskah dinas elektronik (sistem informasi administrasi persuratan) masing-masing, yang mengacu pada panduan dalam peraturan tersebut. Pada proses tata naskah dinas yang dilaksanakan oleh pusat pembinaan kompetesi dan pelatihan konstruksi (Pusbin KPK) ialah disposisi persuratan. Disposisi merupakan salah satu media pemberitahuan informasi yang penting bagi suatu instansi pemerintahan ini. Permasalahan disposisi yang terjadi pada Pusbin KPK adalah proses disposisi yang membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan staf untuk mengelola data persuratan yang ada pada Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi. Rancang Bangun Sistem Informasi Disposisi Surat ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dengan Tools UML (Unified Modeling Language). Dari hasil penelitian sistem disposisi surat berbasis android ini dapat membantu dalam pengelolaan, penyimpanan serta pencarian arsip surat pada Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi.

Keywords


Sistem informasi; disposisi surat; Pusbin.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v1i1.8671 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.