Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Dosen Berbasis Web (Studi Kasus PAK Online Kopertais Wilayah I DKI Jakarta)

Ahmad Sulhi Chotib

Abstract


Penilaian angka kredit dosen untuk kenaikan pangkat jabatan fungsional di Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta selama ini dilakukan dengan cara manual. Cara penilaian konvensional tersebut tentu saja sangat tidak efektif dan efisien. Para dosen yang berada di bawah binaan Kopertais sebanyak 299 yang tersebar pada 58 Perguruan Tinggi Kelembagan Islam Swasata (PTKIS) sangat kesulitan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta letak kantor Kopertais yang relatif jauh. Selain itu staf kepegawaian dan assessor juga kesulitan menilai semua dokumen yang seringkali tidak tertata dengan rapih. Pembuatan sistem informasi penilaian angka kredit secara online ini diharapan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Metodologi dalam pembangunan perangkat lunak ini menggunakan metode Waterfall dengan bahasa pemerograman PHP dan PostgreSQL sebagai basis data. Sementara framework PHP yang digunakan adalah Laravel. Adapun pengujian perangkat lunak ini menggunakan metode Black Box. Hasil akhir implementasi sistem ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem.

Keywords


Penilaian angka kredit; Waterfall; web; Laravel; PostgreSQL.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v3i1.16189 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.