PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Manajemen di SMA Negeri 1 Cikarang Utara)

Jessy Safitri Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery dan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. metode pembelajaran guided discovery menekankan pada mengkontruksi pengetahuan melalui penemuan sedangkan metode problem solving menekankan pada mengkontruksi pengetahuan pembelajaran melalui  pemecahan masalah.   Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperiman  dengan desain penelitian nonequivalent control group design . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas X IIS SMA Negeri 1 Cikarang Utara dan  sampel  sebanyak  93 Orang. Analisis data menggunakan SPSS versi 21 dengan pengujian hipotesis melalui statistik parametrik, uji perbedaan rata-tata (paired sample t-test) dan Analysis of variance. Hasil penelitian yang diperoleh pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 3. Pengaruh metode problem solving berbeda dengan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IIS 4. pengaruh metode guided discovery berbeda dengan pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Berpikir Kritis, metode guided discovery, metode Problem Solving

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama.

Astuti, W., Handoyo, B., dan Mustofa. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi-Is Ma Muhammadiyah 2 Paciran. Jurnal Online. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelF492449030581FE6874A4A6DF689A273.pdf.

Budiana, I., Sudana, D., dan Suwatra, I. (2013). Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Online. Tersedia di http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiKq7m54cbKAhVSHo4KHUaIAzEQFghrMAk&url=http%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJPGSD%2Farticle%2Fdownload%2F816%2F689&usg=AFQjCNFwMHrB1OxUPk7eOtbwx3tVkbyS4w&sig2=7YDL_Q3UhWiBt8Zh0LEF3Q&bvm=bv.112454388,d.c2E

Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Filsaisme, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Fitriyanti. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Siswa. Jurnal Online. Tersedia di https://vianaurani.files.wordpress.com/2011/07/pembelajaran-ekonomi-studi-eksperimen1.pdf.

Khoirunissa, Achmad, A., dan Yolida, B. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning. Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal online. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=328067&val=7233&title=PENGARUH%20METODE%20DISCOVERY%20LEARNING%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA.

Njoo, M& de jong. (1993). Exploratory Learning With A Computer Simulation For Control Theory: Learning Processes And Instructional Support. Journal of research in science teaching, 30, 821-844.

Octanarlia, V., Jalmo, T., dan Yolida, B. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik; Vol 3, No 10 (2302-1276).

Sutarno. (2013). Pengaruh Penerapan Praktikum Virtual Berbasis Problem SolvingTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Semirata FMIPA Univ: Lampung.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v6i1.7129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.