PROFIL KOMITMEN RELIGIUS DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN

Ade Aisyah, Dede Rohaniawati, Neng Gustini

Abstract


Abstract
This study aims to determine differences in religious commitment and Teaching Faculty of SMA and MA (Pesantren) background, and its implications for learning. This research approach is quantitative descriptive and comparative techniques using questionnaires, the study documentation, and observation. The research data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential. Research hypothesis testing using the comparative analysis is the t-score. The results showed that: there were significant differences of religious commitment among students of Faculty of SMA and MA (Pesantren) backgrounds. Obtained value t = -6.588 with df = 66 and p-value (2 sides / 2-tailed) = 0,000 so it can be concluded that the average score in the student questionnaire with SMA background, is smaller than MA (Pesantren) background. The results showed that there were differences in the profile dimensions religus commitment. First, the lack of communal dimension in the educational backgrounds of students MA (Pesantren). Second, high communal dimension in the educational backgrounds of students in SMA. Third, the dimensions of the experience both equally lacking. Fourth, the dimensions of both beliefs are equally high.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komitmen religius mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang berlatar belakang pendidikan SMA dan MA (Pesantren), serta implikasinya dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik komparatif dengan menggunakan instrumen angket, studi dokumentasi, dan observasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi yaitu t-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan tentang komitmen religius antara mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang berlatar belakang pendidikan SMA dan MA (Pesantren). Didapat nilai t=-6,588 dengan dk=66 dan p-value (2 sisi/2-tailed)=0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor angket di mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang berlatar belakang pendidikan SMA lebih kecil daripada MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profil dalam dimensi-dimensi komitmen religus. Pertama, kurangnya dimensi komunal pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan  MA (Pesantren). Kedua, tingginya dimensi komunal pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA. Ketiga, pada dimensi pengalaman keduanya sama-sama kurang. Keempat, pada dimensi keyakinan keduanya sama-sama tinggi.

Pengutipan: Aisyah, A., Rohaniawati, D., Gustini, N. (2016). Profil Komitmen Religius dan Implikasinya Bagi Pendidikan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(2), 2016, 175-183. doi:10.15408/sd.v3i2.4392.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i2.4392


Keywords


religious commitment; communal; ideational; komitmen religius; komunal; ideasional.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License
© Copyright CC BY-SA.

Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, P-ISSN: 2356-1386, E-ISSN: 2442-9430

Indexed By:

MoraRef CrossRef