MENUMBUHKAN SIKAP MULTIKULTURAL MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS

Husna Rufaida

Abstract


abstract

Internalization of multicultural values ​​is important in MA Al-Mawaddah because the characteristics of MA Al-Mawaddah students are multicultural. This study aims to: (1) find out the multicultural values ​​contained in learners in MA Al-Mawaddah, (2) analyze the way of teachers in internalizing multicultural values ​​to foster multicultural attitude in students, and (3) to know the teacher's constraint in internalizing multicultural values in IPS learning and solutions. This research uses qualitative approach with case study method. The data were collected using observation, interview, and documentation study. The analysis of this research data is based on Miles and Huberman model, which starts with data reduction, data display, followed by factor analysis, explanation, and comprehension. The results of the research indicate that: (1) the multicultural values ​​found in MA Al-Mawaddah students, among others, the values ​​of tolerance, mutual respect and respect, (2) the internalization of the multicultural values ​​by teachers is done by explaining and giving various examples to the students; ) difficulties faced by students in obtaining multicultural values, mostly in understanding and how they understand. So the solution, to solve this problem the teacher continuously explain and discuss this issue until the students understand.

 

Abstrak

Internalisasi nilai-nilai multikultural penting dilakukan di MA Al-Mawaddah karena karakteristik para siswa MA Al-Mawaddah yang multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai multikultural yang terdapat pada peserta didik di MA Al-Mawaddah, (2) menganalisis cara guru dalam menginternalisasikan nilai multikultural untuk menumbuhkan sikap multikultural pada siswa, dan (3) mengetahui kendala guru dalam menginternalisasikan nilai multikultural dalam pembelajaran IPS berikut solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian ini didasarkan pada model Miles dan Huberman, yakni dimulai dengan reduksi data, display data, yang dilanjutkan dengan analisis faktor, penjelasan, dan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai multikultural yang terdapat pada siswa MA Al-Mawaddah, yaitu nilai toleransi, saling menghargai dan menghormati, (2) internalisasi nilai multikultural oleh guru dilakukan melalui  menjelaskan dan memberikan berbagai contoh kepada siswa, dan (3) kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memperoleh nilai multikultural, sebagian besar dalam memahami dan bagaimana mereka mengerti. Sehingga solusi, untuk memecahkan masalah ini guru terus menerus menjelaskan dan membahas masalah ini sampai siswa memahami.

 

Pengutipan: Rufaida, Hasna. (2017). Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 2017, 14-24. doi:10.15408/sd.v4i1.4343.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v4i1.4343


Keywords


multicultural values; student background diversity; social studies; nilai multikultural; keberagaman latar belakang siswa; pembelajaran IPS

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License
© Copyright CC BY-SA.

Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, P-ISSN: 2356-1386, E-ISSN: 2442-9430

Indexed By:

MoraRef CrossRef