ANALISIS PEMANFAATAN OBJEK WISATA GUNUNG PADANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI

Neng Dhea

Abstract


Pemanfaatan objek wisata sebagai sumber belajar sangat diperlukan, karena dalam mencapai langkah pembelajaran geografi salah satunya adalah dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar. Objek wisata alam dalam penelitian ini sama halnya dengan memanfaatkan alam sekitar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan objek wisata Gunung Padang sebagai sumber belajar geografi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Sampel yang dipilih berdasarkan kelas yang memiliki nilai rata-rata paling tinggi dibandingkan kelas lainnya, yaitu kelas X-IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi partisipan, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Untuk mengetahui manfaat objek wisata sebagai sumber belajar, peneliti mewawancara siswa sebelum dan setelah melakukan objek wisata Gunung Padang sebagai sumber belajar.

Hasil analisis menunjukkan,  setelah melakukan pembelajaran di objek wisata Gunung Padang siswa kelas X-IPS 1 merasa senang karena belajar di alam, siswa dapat lebih memahami materi lithosfer (batuan) dan pedosfer (tanah), serta dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Selain itu, siswa dapat mengetahui jenis batuan dan karakterististik tanah di objek wisata Gunung Padang, serta pembelajaran menjadi lebih bermakna karena dapat melihat dan meneliti objek secara langsung.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v6i1.12387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.