PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK

Sandra Yusepana, Ishak Abdulhak, E. Maryani, Dinn Wahyudin

Abstract


Salah satu karakter yang dibutuhkan dalam era pendidikan abad 21 adalah  nasionalisme. untuk menciptakan peserta didik yang memiliki nasionalisme yang kuat, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menguatkan sikap nasionalisme.

Dalam dokumen kurikulum 2013, salah satu tujuan diajarkan geografi di SMA supaya  peserta didik tetap mampu  menunjukkan perilaku cinta tanah air, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan bertanggung jawab terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Sementara dalam silabus tidak ada materi khusus yang membahas mengenai nasionalisme itu sendiri. 

Maka desain model PIKB (Pembelajaran Investigasi Kelompok Bervariasi) ini adalah solusinya. model pembelajaran PIKB ini  mengadopsi konsepnya dari model investigasi kelompok yang dijelaskan oleh  Joyce (2009:319).

Model PIKB  merubah dan memaknai   materi pelajaran geografi yang biasa diajarkan  menjadi luar biasa efeknya bagi sikap nasionalisme peserta didik. Berdasarkan  parameter nasionalisme yang dikemukakan oleh Hertz (1944:171) yaitu : 1) Memiliki  rasa ingin  untuk selalu mencapai kesatuan dan persatuan 2) keinginan  untuk mencapai kemerdekaan 3) keinginan  untuk mencapai keaslian 4) keinginan   untuk mencapai kehormatan bangsa. Diperoleh  skor Pengetahuan, sikap dan perilaku nasionalisme peserta peserta didik mengalami kenaikan yang signifkan


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v5i2.10555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.